TIPS PHOTOGRAPHY

Tips Memotret Tarian (Dance Photography)

Anda selalu ingin menangkap moment kegembiraan dan emosi tarian, atau sang penari-nya yang membuat Anda ingin sekali memotret-nya ? Apakah Anda ingin sebuah langkah mudah untuk memungkinkan Anda memotret-nya ?
Tommy Satria Photo

Jika jawaban Anda adalah YA, maka lanjutkanlah membaca beberapa tips di bawah ini.
  1. 1.      Tempatkan posisi Anda pada sudut rendah (low angle). Hal ini akan menghasilkan sebuah foto menarik yang akan menonjol. Jika Anda mengambil gambar dalam acara pernikahan, maka tempat tersebut akan sering dihiasi sehingga menjadi rumit di latar depannya, jadi pastikan detail latar belakang (background) ikut terambil dalam foto Anda. Anda juga tidak tergoda untuk memakai lensa zoom di saat lantai dansa penuh dengan orang. Jadi langsung saja Anda mendekat ke orang yang akan foto. Dan hal itu akan memungkinkan Anda berdiri di antara para penari untuk mendapatkan angle yang pas.
  2. 2.      Untuk mendapatkan pilihan paling dinamis, Anda perlu untuk berpindah-pindah posisi memotret – jangan tergoda memotret di posisi yang sama. Jika Anda cukup beruntung maka Anda bisa mengambil foto dari sudut yang tidak biasanya (unsual). Ada beberapa jenis Digital Camera dengan layar (screen) yang bisa berputar, maka ini memungkinkan Anda untuk memegang kamera tinggi di atas kepala Anda dan mengambil foto dari sudut atas sang penari.
  3. 3.      Jangan gunakan flash internal karena pencahayaan sangat datar. Walaupun ada beberapa pertunjukkan tari penggunaan flash dilarang, karena cahaya dari flash justru mengganggu sang penari. Jika diperkenankan gunakan lampu kilat eksternal remote, dan dapatkan seorang asisten untuk membantu Anda bergerak memegang lampu kilat. Keuntungan kedua unit eksternal ini adalah bahwa dengan lampu kilat menjadikan jauh dari lensa kamera. Sehingga Anda tidak akan mendapatkan efek mata merah yang dapat muncul pada foto Anda.
  4. 4.      Untuk beberapa foto menari, coba gunakan kecepatan rana lambat. Dengan kecepatan rana lambat, Anda akan mendapatkan unsual efek foto dengan latar belakang sedikit kabur, dapat menangkap gerakan namun masih bisa mendapatkan gambaran yang jelas.
  5. 5.      Terakhir, Gunakan lah tripod untuk membantu mengikuti pergerakan orang di seluruh lantai dansa, Anda-pun dapat melakukan panning, dan juga menghasilkan gambar yang lebih baik jika Anda bermain dengan kecepatan rana lambat .

efek penggunaan flash, Tommy Satria Photo

Sementara itu beberapa tempat macam gedung pertunjukkan yang ada, kadang semua tips tersebut tidak bisa Anda paksakan penggunaannya. Hal ini biasanya terkait dengan peraturan pengambilan gambar saat pertunjukkan.

efek penggunaan flash. Tommy Satria Photo.

Saya sendiri beberapa kali memotret pertunjukkan di gedung-gedung kesenian, kerap mendapatkan pemberitahuan mengenai tata cara pengambilan gambar dalam gedung, walau tidak semua peraturan itu secara baku harus dijalankan.

 




Breaking Bounds: The Dance Photography of Lois Greenfield

|T o m m y   S a t r i a | P e w a r t a   F o t o |

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s