Social Documentary Photography (Fotografi Dokumenter)

www.urban-exposure.com/
Social Documentary Photography sebenarnya adalah fotografi yang bersangkutan pada genre sosial yang kritis sehingga hasil karya fotografi didedikasikan untuk menunjukkan hidup orang kurang mampu atau kurang beruntung. 
Fotografi ini berakar dalam karya abad 19 oleh Henry Mayhew, Jacob Riis dan Lewis Hine, tetapi selanjutnya praktek ini dilakukan oleh Farm Security Administartion (FSA). FSA inilah yang selanjutnya menyewa fotografer dab penulis untuk melaporkan dan mendokumentasikan nasib petani miskin. 
Di bawah Roy Stryker, Divisi Informasi FSA yang mengadopsi tujuan “Perkenalkan Amerika untuk Amerika”. Banyak juga dalam masa ini sejumlah fotografer mengalami depresi yang tergabung dalam FSA ini, termasuk Walker Evans, Dorothea Lange, dan Gordon Parks. Para fotografer mendokumentasikan kondisi petani miskin yang terancam keberadaan ekonomi, dan menciptakan gaya baru dengan dokumentasi fotografi masalah sosial.


FSA telah membuat 250.000 gambar kemiskinan di pedesaan, tetapi hanya sekitar setengahnya saja yang bertahan. Foto-foto ini disimpan di Divisi Cetakan dan Foto-foto dari Library of Congress juga secara online. Dari 77.000 selesai dicetak dan pada awalnya dibuat untuk pers, ditambah gambar berwarna sekitar 633 dari 1.600 negatif film.
Fotografi dokumenter sosial sebenarnya dikhususkan pada “kelompok sosial” yang mengalami kesamaan sosial-ekonomi dan budaya, menunjukkan hidup atau kondisi kerja dianggap sebagai yang memalukan, diskriminatif, tidak adil atau berbahaya. Contohnya adalah pekerja anak, penelantaran anak, tunawisma , kemiskinan di antara segmen masyarakat, anak-anak miskin dan orang tua, dan kondisi kerja yang berbahaya. Orang miskin, orang buangansosial, atau kelas bawah digambarkan dalam pengamatan penuh kasih. Kekuatan dokumenter gambar dikaitkan dengan keinginanuntuk perubahan politik dan sosial.
Pada awal abad ke-19 dalam kondisi kehidupan kelas bawah adalah sebagai subyek fotografi. Henry Mayhew memotret dan membuat buku tentang kemiskinan dan kehidupan buruh di London, sebuah representasi dari penggambaran kelas bawah London yang bekerja. Buku ini digambarkan oleh ukiran kayu, dan foto-foto oleh Beard. Lalu Thomas Annan menerbitkan “Photographs Of The Old Closes and Streets of Glasgow, 1868-77”. Namun contoh lain adalah buku yang diterbitkan oleh Smith dan Thompson pada tahun 1877 Street Life di London,yang juga mendokumentasikan kehidupan sosial. 
Inggris adalah tempat kelahiran fotografi dokumenter sosial, mengingat stadium lanjut dari industrialisasi, dan dampaknya terhadap masyarakatSeorang perintis fotografi asal Inggris yang memiliki komitmen sosial adalah Bill Brandt. Brandt sangat terkenal untuk studi eksperimental tentang telanjang. Brandt pindah ke Inggris pada 1931 dan bekerja untuk beberapa majalah, di mana ia menerbitkan perlindungan pada orang yang terkena oleh Depresi Besar. Pada tahun 1936 ia menerbitkan buku bergambar Orang Inggris di Rumah, di mana ia menggambarkan masyarakat kelas bahasa Inggris. Dia juga melakukan perjalanan ke Midlands dan ke Inggris utara di mana ia memotret efek dari Depresi Besar.

read more….next days


| T  o  m  m  y   S  a  t  r  i  a | A l l  R E S O U R C E S | 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s