Portrait Photography Tips : 17 Ide Kreatif Dalam Memotret Orang

Ada banyak cara untuk dapat menghidupkan foto anda dengan hanya sedikit imajinasi dan cara berpikir yang berbeda. Di bawah ini terdapat 17 ide pemotretan portrait untuk mendapatkan imajinasi dan kreatifitas anda kembali. 

  • Memotret dari perspektif yang berbeda. 
      Photo by Amy Davies

    Banyak ide-ide framing pemotretan klasik yang sering kita lakukan, tetapi bagaimana jika kita mencoba memotret dari sudut yang berbeda dari biasanya. Anda mungkin bisa menunjukkan aspek yang berbeda dari subyek anda dan tentunya bereksperimen dengan latar belakang yang berbeda pula.

  • Memotret di tempat subyek bekerja. http://rcm.amazon.com/e/cm?t=tommag-20&o=1&p=8&l=bpl&asins=1584282487&fc1=000000&IS2=1&lt1=_blank&m=amazon&lc1=0000FF&bc1=000000&bg1=FFFFFF&f=ifrSalah satu bagian yang paling sulit dalam portrait photography adalah bagaimana mengarahkan dan mengatur pose subyek. Namun, jika anda menempatkan mereka saat berinteraksi dengan lingkungan mereka, seperti tempat kerja misalnya, anda akan mendapatkan hasil jauh lebih alami.
  • High Key Portrait. Overexposing shot terkadang menghasilkan rincian foto yang menarik dari subyek anda, apakah itu kulit atau mata subyek. Cobalah sesekali untuk melihat hasil yang berbeda. Anda dapat mempelajari foto-foto karya Alex James
  • Memotret seluruh tubuh subyek. Lakukan percobaan dengan berbagai pose, keasyikan memotret wajah memungkinkan anda kehilangan kesempatan ide lain. Dapatkan foto subyek seluruh tubuh dalam satu frame dan percobaan dengan berbagai pose yang menyenangkan, yang membuat bentuk subyek menjadi menarik.
  • Cropping foto persegi empat. Sebuah foto portrait saat di cropping dalam bentuk  persegi empat memang terlihat sebagai sebuah pilihan yang aneh, tetapi justru dapat lebih mudah untuk membuat foto anda terlihat dengan empat sisi yang sama, ditambah akan memberikan kesan seperti medium format. Anda dapat melihat beberapa contoh foto karya andreasstridsberg
  • Percobaan dengan framing. http://rcm.amazon.com/e/cm?t=tommag-20&o=1&p=8&l=bpl&asins=0321725549&fc1=000000&IS2=1&lt1=_blank&m=amazon&lc1=0000FF&bc1=000000&bg1=FFFFFF&f=ifr Anda tidak harus lakukan dengan metode framing yang konvensional untuk sebuah foto portrait yang bagus. Cukup berikan ruang bagi subyek atau menempatkannya pada tepi frame jika terdapat sesuatu yang konstektual di latar belakang. 
  • Gunakan alat peraga.  
      Photo by Amy Davies

    Ada cara jitu untuk meningkatkan minat foto anda. Hal ini juga akan memberikan sesuatu bagi subyek pemotretan anda yang mengalami kesulitan dalam berpose. 

  • Jangan fokus pada wajah. http://rcm.amazon.com/e/cm?t=tommag-20&o=1&p=8&l=bpl&asins=1584281340&fc1=000000&IS2=1&lt1=_blank&m=amazon&lc1=0000FF&bc1=000000&bg1=FFFFFF&f=ifrPemotretan ini terkadang baik untuk bayi dan anak-anak, untuk menjaga wajah dalam bingkai namun berfokus pada area lain dari tubuh untuk dapat mengungkapkan rincian yang menarik tentang subyek.
  • Low key mono. Untuk mengungkapkan sesuatu bersifat misteri, overexposing dan mengkonversi menjadi hitam putih dapat menghasilkan Low key mono yang menakjubkan yang akan memberikan rasa dari sisi “gelap” subyek anda.
  • Recreate efek bypass pemutih.  Cara ini sebenarnya sudah cukup populer di kalangan pengguna film, efek bypass pemutih/bleach bypass effect adalah teknik kamar gelap yang sederhana untuk menciptakan suasana retro dengan penggunaan Photoshop.
  • Gunakan Reflektor. Penggunaan reflektor adalah cara yang cepat dan terjangkau untuk bereksperimen dengan cahaya. Cobalah penggunaan reflektor emas, perak atau permukaan putih untuk mendapatkan efek foto yang berbeda.
  • Gunakan Kostum. http://rcm.amazon.com/e/cm?t=tommag-20&o=1&p=8&l=bpl&asins=1584281251&fc1=000000&IS2=1&lt1=_blank&m=amazon&lc1=0000FF&bc1=000000&bg1=FFFFFF&f=ifrKostum dapat membantu anda menemukan subyek dengan cita rasa gaya yang cukup aneh, atau mintalah asisten anda untuk mempersiapkan salah satu kostum karakter yang menyenangkan.
  • Gunakan sesuatu dari lingkungan sekitar. Memotret subyek anda dengan memanfaatkan lingkungan sekitar memungkinkan anda untuk bereksperimen dengan lingkungan yang berbeda dan mengambil keuntungan dari cahaya alam yang indah.
  • Lupakan wajah sama sekali.  Anda masih dapat mengungkapkan banyak hal tentang kepribadian subyek sesekali tanpa menunjukkan wajah mereka. Percobaan memotret wajah untuk hasil yang menarik juga bisa dilakukan dengan teknik montase. Anda dapat mempelajari foto karya polaroidSky..
  • Crop secara padat. Cobalah anda sesekali meng-crop foto subyek dengan cara ketat atau padat. Cobalah untuk mengubah dalam format landscape untuk mendapatkan hasil yang bagus.
  • Cobalah kreatif dengan tekstur. Gunakan mode layer blending untuk memberikan tekstur foto sedikit nge-grunge. Ingin download sekitar 100 tekstur gratis untuk mengedit foto, silahkan klik disini…
  • Cobalah memotret dengan flash terpisah. Penggunaan flash terpisah sangat fleksibel untuk pilihan pencahayaan kreatif. Kadangkala menghasilkan efek pencahayaan yang dramatis.




| tommy satria | photoradar |

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s