How to win a photo competition: 10 tips from top judges

Berikut adalah sambungan dari tulisan pendapat para juri lomba foto internasional mengenai berbagai tips bagi anda untuk memenangkan kompetisi fotografi.


Janganlah meniru fotografer lain


Sophie Batterbury : Janganlah anda terlalu dipengaruhi oleh apa (foto) yang terakhir kali memenangkan kompetisi foto, seringkali panel juri lomba akan berbeda untuk setiap tahun kompetisi foto.


Steve Bloom : seorang fotografer harus melihat karya orang lain, namun bukan berarti menyalinnya langsung. Jika anda terinspirasi oleh hasil karya, pergi keluar dan mencoba untuk memotret lebih ke arah evolusi fotografi. Jelajahi ide-ide baru, dan berusaha untuk menjadi inovatif. mengatur diri sendiri untuk menangkap pengalaman anda sendiri. Jika anda memotret dalam cuaca dingin, misalnya, pikirkan cara untuk membuat foto yang menginduksi rasa dingin pada juri. Juri selalu mencari ide-ide segar. 


Dapatkan rincian yang tepat


Sophie Batterbury: Kirim keterangan foto dengan jelas tapi singkat, itu menakjubkan betapa banyakorang justru lupa untuk menambahkannya ke gambar mereka. Jika memasukkan file digital pastikan nama anda ada di metadata foto.


Miss Aniela: Perhatikan kualitas gambar anda ! Gambar anda bisa hilang ketika juri meneliti secara details. JPEG, noise, resolusi yang jelek, dan hasil cetakan yang ceroboh dapat mempengaruhi kemungkinan gambar anda “hilang’ dalam penilaian juri. Ini adalah ide yang baik untuk menempatkan judul gambar dan keterangan dalam file foto anda ketika diserahkan pada juri.


Bangkitkan emosi


Steve Bloom : Bagi saya, gambar pemenang harus membangkitkan emosi. Sebagai contoh, dalam kompetisi foto satwa liar, humor sangat populer dalam dunia fotografi , tetapi dengan fotografi satwa liar harus dilakukan dengan cara sensitif dan tidak dengan cara merendahkan binatang itu sendiri. 


Selalu siap mencoba lagi


Steve Bloom : Jika anda tidak menang, pergilah keluar dan coba lagi, untuk mencari peluang fotografi baru dan tentukan sendiri tujuan hidup. Bersiaplah belajar dari kesalahan anda sendiri. 




to be continued….






|t o m m y  s a t r i a | p h o t o r a d a r |

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s