Rahasia Foto Candid

Salah satu hal terberat menjadi seorang fotografer ketika mencoba untuk mendapatkan gambar terang yang baik. Sebagian besar ketika orang melihat Anda dengan kamera, mereka cenderung kaku, dan kamera yang anda bawa akan dapat membuat mereka gugup. Dan ini tidak lagi eksklusif untuk seorang fotografer amatir Bahkan profesional sekalipun seringkali menghadapi situasi demikian. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu orang merasa lebih nyaman ketika Anda mengambil fotonya.


Pakai Kamera Anda, Jangan Hanya Dipegang


Meski banyak mendengar berbagai saran, ini berfungsi agar anda diterima secara nyaman sebagai seseorang yang hendak mengambil foto. Ini adalah sebuah kebiasaan manusia untuk menjadi terbiasa, dan bahkan digunakan untuk sifat tertentu dari lingkungan seseorang. Sebagai contoh, beberapa orang terkenal selalu memiliki buku yang dibawa dengan mereka, yang lainnya dikenal sebagai orang yang selalu memiliki MP3 di kantong mereka dengan speaker mini di telinga. Tujuannya adalah orang-orang sekitar akan mengasosiasikan anda dengan kamera, sehinga orang akan menerima anda sebagai bagian dari siapa anda. Ini akan membawa kenyaman saat anda berjalan di lingkungan sekitar untuk memotret, dan dari waktu ke waktu orang akan menyesuaikan dengan itu. 


Subjektivitas bukan Objektivitas


Meski benar adanya anda seorang fotografer, anda juga perlu tampil biasa atau membaur dengan masyarakat untuk membangun kepercayaan. Jika seseorang tidak tahu anda, akan sangat sulit mengambil gambar candid atau ketika momen indah hadir. Kadang kita menemukan bahwa tidak setiap orang merasa nyaman dengan lensa kamera. Dengan membuka diri terhadap mereka, dan membiarkan mereka tahu anda adalah seorang fotografer, anda telah membangun kepercayaan mereka, sehingga anda dan orang yang akan difoto merasa nyaman. Teknik ini sangat efektif pada anak-anak, karena mereka mudah menghindar dari orang yang tidak dikenal. Namun, Jika mereka tahu bahwa anda ramah, mereka akan lebih cenderung untuk terus mengikuti anda dengan kamera ditangan anda. 


Jangan Memaksa 


Mungkin akan terasa aneh saat anda tidak boleh memotret tetapi anda sedang bekerja saat itu. Saya selalu bertanya sebelum mengambil foto seseorang, bahkan dengan isyarat. Namun, jika mereka mengatakan tidak, atau tidak nyaman untuk difoto. Karena ini berkaitan dengan privasi seseorang. Tetap membaur dengan mereka, bahkan ketika suasana sudah mulai mencair, bahkan tanpa isyarat pun anda akan tetap nyaman untuk mengambil gambar orang-orang. 


Bersenang-senanglah 


Orang akan dapat membaca pikiran anda jika anda terlihat bosan mengambil gambar untuk acara tersebut. Kegembiraan, jika ada, akan menyebar di sekitar, dan akan membantu anda dalam mengambil beberapa foto terbaik. Cukup memiliki waktu yang baik, dan foto anda akan berubah jauh lebih baik. 




| thomazfoto |

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s