Tips Memotret Anak-anak

Memotret momen indah anak-anak membutuhkan lebih dari sekedar teknik fotografi semata. ada unsur psikologi di dalamnya. Anda harus benar-benar terlibat di dalam emosi anak-anak yang akan di potret !! Inilah tips untuk anda yang ingin memotret ank-anak dan ide-ide apa saja untuk foto anak anda. 

  • Beri diri anda banyak waktu, karena terkadang anak-anak sedang tidak dalam mood untuk difoto. Anda harus terlibat dengan mereka, sehingga anak-anak tidak akan memberi jarak pada anda dan membantu anak-anak untuk lebih rileks. Jika anda menemukan anak-anak yang sangat pemalu atau dalam mood yang buruk, luangkanlah banyak waktu untuk bermain dengan kamera anda berada di tangan. Karena anak-anak tidak akan asing lagi dengan benda yang anda pegang (kamera). 
  • Selalu ikuti mereka dengan kamera. Anak-anak akan bergerak cepat dan tidak sering membuat pose yang lama, sehingga tetap menjaga kamera anda dekat dengan mata dan jari anda pada tombol rana, sehingga memungkinkan anda dapat menangkap gambar dengan cepat pula. Gunakan mode Autofocus (AI Servo) terus menerus.
  • Cobalah untuk menjaga titik fokus anda pada atau dekat dengan mata. Sebaiknya pilih titik AF khusus untuk membantu anda.
  • Buat mereka bisa tertawa. Jangan mencoba memaksa anak untuk tersenyum, karena justru akan mendapatkan anak yang meringis atau malah menangis. Sebaliknya, mencoba dengan wajah konyol anda, atau meyakinkan orangtua mereka untuk melakukannya. Selalu lontarkan lelucon kepada mereka, dengan begitu banyak adegan/pose senyuman dan tawa yang alami.
  • Jangan mencoba memotret anak-anak selama berjam-jam. Buatlah rentang waktu setengah jam hingga satu jam, tergantung usia mereka. Karena banyak anak-anak yang gampang bosan, jenuh, dan akhirnya malah menangis.
  • Perlakukan anak-anak seolah-olah mereka subjek dewasa dan memberitahu mereka apa yang anda inginkan. Jika mereka lebih muda, buat banyak suara dan tawa untuk melibatkan mereka. Jangan hanya duduk diam dengan anak-anak, karena mereka justru akan gugup.
  • Gunakan alat peraga, dan biarkan anak-anak bermain dengan itu. Atau jika memang ada mainan favorit, gunakan itu untuk keuntungan anda. Membuat mereka nyaman atau astik dalam sebuah permainan, anda justru akan dimudahkan untuk menangkap momen-momen indah mereka.
  • Bergerak lah turun mengikuti mereka, justru anda jangan terlalu jauh. Sebaliknya, duduk atau berbaring datar setingkat dengan mereka membuat anda terlihat santai di mata anak-anak.

| thomazfoto |

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s